10 Mitos Yang Paling Populer Di Korea Selatan

10 Mitos Yang Paling Populer Di Korea Selatan

Annyeong haseyo

Sobat Buyonghwa, demam K-Pop telah lama merebak hingga ke Indonesia. Banyak remaja yang sangat menggandrungi dunia hibuan Korea Selatan ini. Bahkan bukan hanya drama dan musik K-Pop yang tengah digandrungi di negeri ini, tapi juga sampai merambah ke budaya Korea Selatan.

Segala macam hal tentang Korea Selatan memang sangat menarik untuk diikuti, mulai dari makanan, gaya fashion, bahasa, hingga mitos Korea Selatan. tak lengkap rasanya kita mengaku pecinta K-Pop jika tak mengetahui seperti apa mitos Korea Selatan yang sangat populer di kalangan masyarakatnya. Dan beberapa mitos tersebut diantaranya:

Tanggal Khusus untuk Pindah Rumah

Seperti budaya Jawa yang mensakralkan tanggal dan hari tertentu saat akan menggelar suatu acara, ternyata di Korea juga ada mitos seperti ini. Bedanya adalah masyarakat Korea meyakini ada tanggal tertntu yang bagus untuk pindah rumah.

Jika Kalian tinggal di Korea, maka Kalian tidak boleh pindah rumah pada tanggal 1,2,11,12,21,22, dan 31. Jika Kalian berani melanggar, maka roh jahat dari rumah lama akan mengikuti Kalian ke tempat yang baru.

Mitos ini sangat tenar di Korea. Bahkan sampai-sampai ada perusahaan yang khusus menyediakan jasa pencarian tanggal baik tanpa roh jahat untuk orang-orang yang ingin pindah rumah.

Jangan Makan yang Licin Saat Akan Ujian

Saat akan menghadapi ujian, orang Korea percaya bahwa mereka tidak boleh mengkonsumsi makanan yang licin seperti mie atau sup rumput laut. Mereka percaya bahwa jika memakan makanan tersebut, pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya akan “terpeleset” dari otak.

Dianjurkan Makan Makanan Lengket Sebelum Ujian

Berbeda dengan larangan makanan licin, saat akan ujian Kalian justru dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan lengket misalnya seperti nasi. Makanan ini dipercaya akan membuat Kalian lulus ujian.

Empat adalah Angka Sial

Kalau kita mengenal angka sial adalah 13, di Korea justru berbeda. Mereka justru percaya bahwa angka sial adalah 4. Kepercayaan ini datang dari Cina.

Orang Korea percaya bahwa 4 adalah angka sial karena pelafalannya yang mirip dengan kata “kematian”. Jika Kalian berkunjung ke Korea, maka ada beberapa lift yang sengaja mengganti angka 4 dengan huruf “F”.

Menulis Nama dengan Tinta Merah

Mitos Korea Selatan berikutnya yang terkenal adalah dilarang menulis nama seseorang dengan tinta warna merah. Masyarakat Korea percaya bahwa jika Kalian menulis nama seseorang dengan tinta merah, itu sama saja dengan mendoakan orang tersebut agar cepat mati.

Dilarang Tidur dengan Kipas Angin Menyala

Mitos ini sangat seram dan menakutkan di Korea. Masyarakat Korea percaya bahwa jika Kalian tidur dengan menyalakan kipas angin, maka kipas tersebut akan membunuh Kalian. Karena mitos inilah, banyak produsen kipas angin di Korea yang menambahkan fitur timer agar dapat berhenti otomatis.

Dilarang Keramas Saat Tahun Baru

Orang Korea sangat percaya bahwa jika mereka sampai keramas saat tahun baru, itu sama saja dengan membuang dan menolak rezeki yang akan datang.

Bermimpi Seekor Babi

Jika pada malam hari Kalian memimpikan seekor babi, maka dipercaya Kalian akan sukses dan beruntung di masa depan.

Jangan Memberi Hadiah Sepatu

Mitos Korea Selatan lainnya adalah dilarang memberikan hadiah sepatu kepada sang kekasih. Mereka percaya bahwa jika sampai memberikan hadiah itu, maka hubungan tidak akan berjalan lancar dan putus di tengah jalan. Memberikan sepatu di Korea juga banyak diartikan sebagai “Let you run” jadi hadiah ini sangat dihindari oleh para remaja.

Dilarang Melompati Bayi

Di Korea ada pantangan melompati tubuh bayi, karena dipercaya akan menyebabkan bayi tersebut tidak bisa tumbuh tinggi dan badannya tetap kecil.

Itulah 10 Mitos Korea Selatan yang sangat unik dan masih dipercaya hingga sekarang. Bagaimana, menarik bukan?

Ddo mannayo

Share This

Related Posts

Makhluk-Makhluk Mitologi Korea Selatan Yang Mendunia

Makhluk-Makhluk Mitologi Korea Selatan Yang Mendunia

April 16, 2017

Suatu negara pasti memiliki ciri khas budaya yang berbeda, tak terkecuali di Korea Selatan. Perjalan...

Read More
Keren, Ini Dia Asal Mula Ritual Gembok Cinta Di Korea Selatan

Keren, Ini Dia Asal Mula Ritual Gembok Cinta Di Korea Selatan

March 28, 2017

Annyeong haseyo Sobat Buyonghwa, jika Kalian tengah berkunjung ke Korea, tak lengkap rasanya bila...

Read More

About the Author

Asmara

Asmara

Nothing about Asmara.

Add your comment

Partners