5 Makanan Pinggir Jalan Paling Populer Korsel

5 Makanan Pinggir Jalan Paling Populer Korsel

Annyeong haseyo

Sobat Buyonghwa, makanan pinggir jalan memang selalu menggugah selera. Sekalipun dijual di pinggir jalan, namun kalau soal rasa terkadang tidak kalah dengan makanan ala restoran besar. Tapi ternyata, tidak hanya Indonesia saja lho yang memiliki makanan pinggir jalan, ternyata Korea Selatan pun kaya akan makanan pinggir jalannya yang lezat dan menggungah selera.

Kalau di Indonesia kita biasa menemukan makanan populer pinggir jalan seperti gorengan, nasi goreng, sate ayam, martabak dan makanan lainnya, lalu makanan pinggir jalan populer Korsel yang bisa kita temui apa saja ya?

Tteokbokki

Makanan pinggir jalan populer Korsel yang pertama adalah Tteokbokki. Makanan ini merupakan kue beras yang rasanya pedas. Sesuai dengan namanya kue ini memang dibuat dari kue beras yang direbus lalu dipotong-potong kecil. Untuk menambah rasa pedas Tteokbokki ini, maka kue ini disajikan dengan saus pedas yang sebelumnya telah diberi bumbu.

Jika kalian membeli Tteobokki di pinggir jalan, maka jangan heran jika menemukan telur rebus atau fish cake di dalam campuran kue berasnya. Karena memang kedua jenis makanan tersebut sering digunakan sebagai campuran dari Tteokbokki ini.

Odeng

Makanan pinggir jalan lainnya yang cukup populer di Korsel adalah Odeng. Saat memakan Odeng, maka sekilas kalian akan merasakan sensai makan bakso ikan, karena rasanya memang mirip. Mengapa bisa punya kemiripan dengan bakso ikan? Ini dikarenakan bahan untuk membuatnya pun hampir sama, yaitu dibuat dari ikan yang dicampur dengan tepung dan bumbu.

Nah, yang berbeda dari bakso ikan adalah bentuk dari Odeng ini. Kalau bakso ikan dibentuk bulat-bulat, kalau Odeng ini biasanya dibentuk memipih dan ditusukkan ke tusukan kayu, baru kemudian direbus di dalam air yang mengandung kaldu sayuran dan bumbu-bumbu. Oiya, biasanya Odeng ini akan disantap bersama dengan kuah rebusannya.

Hot Bar

Makanan yang satu ini sebenarnya tidak ada bedanya dengan Odeng. Namun yang membedakan adalah cara memasaknya. Jika Odeng hanya direbus saja, namun kalau Hot Bar dimasak dengan cara digoreng. Dan yang membuat Hot Bar berbeda dengan Odeng, karena Hot Bar memiliki varian yang diisi dengan kue beras ataupun diisi sosis.

Saat memakan Hot Bar, biasanya masyarakat Korea suka menambahkan saus tomat atau saus mustard. Dengan memakannya menggunakan kedua saus ini, maka rasa dari Hot Bar akan menjadi semakin lezat dan semakin nikmat. Wah, berarti makanan ini patut dicoba jika berjalan-jalan ke Korea Selatan, ya!

Twigim

Beralih dari makanan yang serba ditusuk, sekarang kita akan melihat lebih dekat makanan pinggir jalan populer Korsel lainnya, yaitu Twigim. Twigim merupakan jajanan pinggir jalan yang digoreng dengan dilumuri tepung terlebih dahulu, bentuknya mirip sekali dengan tempura asal Jepang. Isi dari twigim ini sendiri bervariasi, bisa diisi udang, cumi, ubi manis, cabe ataupun mandu.

Delimanjoo

Setelah membahas makanan yang  rasanya asin, maka tidak adil kiranya kalau kita tidak membahas makanan manis yang ada di jalanan Korea Selatan. Dan salah satu makanan yang rasanya manis adalah Delimanjoo. Sebenarnya kue ini mirip sekali dengan bolu yang diberi isian kacang merah, pasta keju ataupun mustard, lalu dibentuk dengan cetakan.

Nah, itulah 5 makanan pinggir jalan populer Korsel yang layak untuk dicoba. Jika kalian punya kesempatan untuk mengunjungi Korsel, jangan lupa untuk mencobanya ya!

Ddo mannayo

Share This

Related Posts

5 Makanan Khas Korea Selatan Paling Populer

5 Makanan Khas Korea Selatan Paling Populer

April 03, 2017

Annyeong haseyo Sobat Buyonghwa, semakin maraknya drama Korea di tonton oleh masyarakat dunia, se...

Read More
Makanan Unik Dan Ekstrim Yang Sangat Digemari Di Korea Selatan

Makanan Unik Dan Ekstrim Yang Sangat Digemari Di Korea Selatan

April 20, 2017

Hampir di semua negara di dunia kita bisa menjumpai makanan-makanan khas yang unik dan menarik. Ada ...

Read More
Jajanan Kaki Lima Korea Selatan Yang Enak Dinikmati Saat Musim Dingin

Jajanan Kaki Lima Korea Selatan Yang Enak Dinikmati Saat Musim Dingin

May 26, 2017

Tak seperti Indonesia yang hanya punya 2 musim, Korea Selatan memiliki 4 musim yang berbeda setiap t...

Read More

About the Author

Asmara

Asmara

Nothing about Asmara.

Add your comment

Partners