5 Tari Tradisional Khas Korea Selatan

5 Tari Tradisional Khas Korea Selatan

Annyeong haseyo

Sobat Buyonghwa, korea Selatan memang terkenal bukan hanya karena drama dan musiknya saja. namun demam K-Pop sudah merambah sampai ke budaya tradisional yang dimiliki oleh negeri ginseng tersebut. Sebagai suatu negara dengan sejarah yang sangat panjang, ternyata Korea Selatan memiliki berbagai macam tarian tradisional.

Tarian ini umumnya berkembang sejak jaman kerajaan dan mampu bertahan hingga saat ini. Tari tradisional khas Korsel sebenarnya terdiri dari 2 jenis, yakni tari kerajaan dan rakyat. Untuk lebih menambah pengetahuan Kalian, berikut telah kami rangkum berbagai jenis tari tradisional khas Korsel yang sebaiknya kalian tahu:

Tarian Seungmu

Seungmu merupakan salah satu tari tradisional yang paling terkenal di Korea Selatan. Sungmu merupakan jenis tarian rohani (pemujaan) yang dilakukan oleh para biksu. Tarian ini dipercaya berasal dari kepercayaan dan ritual agama Budha.

Para penari Seungmu biasanya memakai jubah dengan lengan panjang dan kerudung putih. Selain para penari, juga ada yang bertugas membawa drum  atau biasa disebut bugbo.

SeungJeonmu

Tari tradisional khas Korsel berikutnya adalah tari SeungJeonmu. SeungJeonmu ini adalah sejenis tari prajurit untuk menghormati dewa bumi. Tarian ini sudah muncul sekitar 2000 tahun yang lalu dan biasa digelar saat bangsa Korea akan berperang. Melalui tarian ini diharapkan Dewa Bumi akan memberikan kemenangan perang.

SeungJeonmu terdiri dari tari pedang dan tari drum yang biasa disebut mugo. tokoh Tarian ini menjadi begitu populer ketika tokoh bersejarah Korea Selatan Jenderal Admiral Yi Shun Shin pada masa Kerajaan Joseon memerintahkan prajuritnya untuk menari SeungJeonmu saat akan berperang.

Hallyangmu

Kalau kita disini memiliki sendratari Ramayana, di Korea ada Hallyangmu. Tari tradisional khas Korsel ini merupakan sebauh sendratari yang menceritakan kehidupan para bangsawan Korea saat masa Kerajaan Joseon. Kata “Hallyang” berarti sekelompok bangsawan muda yang kerjaannya hanya bermalas-malasan dan menghabiskan waktunya untuk berfoya-foya dan bersenang-senang.

Hallyangmu ini berasal dari wilayah Dongrae di Provinsi Busan. Para penarinya mengenakan kostum hanbok jenis yangban lengkap dengan aksesorisnya seperti topi dan jubah serta kipas.

Cheoyongmu

Tari tradisional khas Korsel berikutnya adalah Cheoyongmu. Tari ini adalah sejenis tari topeng yang sering dipentaskan di istana untuk menolak bala dan meminta berkah kepada para dewa. Tarian ini dipercaya berasal dari zaman Kerajaan Silla Bersatu dan masih tetap mampu bertahan hingga saat ini.

Pada tahun 2009, UNESCO bahkan telah menobatkan  tarian Cheoyongmu ini masuk dalam Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non-Bendawi Manusia.

Tari ini identik dengan pemakaian topeng Cheoyong yang berwarna merah dengan senyum ramah dan gigi putihnya. Topeng ini juga dilengkapi dengan 2 anting-anting, kalung dan topi hitam dengan bunga peoni, ranting pohon, serta 7 buah persik. Semua elemen ini dipercaya sebagai pengusir roh jahat.

Buchaaechum

Tarian ini disebut juga dengan tari kipas. Para penari Buchaaechum memang menggunakan kipas cantik dengan hiasan gambarbunga peoni. Tari ini dipentaskan oleh sekelompok wanita yang mengenakan hanbok dengan warna-warna terang dan kontras.

Dulu tari ini ditujukan untuk memperingati upacara pemujaan dewa, namun sekarang tari ini telah banyak dipentaskan pada berbagai acara tahunan, festival, dan juga acara kenegaraan.

Ciri khas keunikan tari Buchaechum ini adalah adanya formasi melingkar yang rapi. Para penari kemudian menggunakan kipas untuk membentuk gerakan gelombang, kupu-kupu yang terbang, obaklaut, bunga, dan sebagainya.

Itulah 5 tari tradisional khas Korsel yang masih terjaga hingga saat ini. Ternyata bukan hanya Indonesia saja guys yang kaya akan budaya tarian.

Ddo mannayo

Share This

Related Posts

Menelusuri Pesona Keunikan Istana Kepresidenan Blue House Di Korea Selatan

Menelusuri Pesona Keunikan Istana Kepresidenan Blue House Di Korea Selatan

April 20, 2017

Semua negara di dunia pasti punya istana kepresidenan sendiri-sendiri. Jika di Indonesia kita mengen...

Read More
Dua Perayaan Hari Besar Khas Korea, Meria Dan Penuh Suka Cita

Dua Perayaan Hari Besar Khas Korea, Meria Dan Penuh Suka Cita

September 19, 2017

Setiap negara pasti mempunyai kultur mereka masing-masing. Seperti di Korea, ada dua perayaan hari b...

Read More
Mengenal Sejarah Huruf Korea (Hangeul)

Mengenal Sejarah Huruf Korea (Hangeul)

October 10, 2017

Budaya K-pop yang berasal dari Korea Selatan kini tengah menyebar dan berkembang ke seluruh dunia te...

Read More

About the Author

Asmara

Asmara

Nothing about Asmara.

Add your comment

Partners