MAKANAN KHAS KORSEL VS JEPANG, SERUPA TAPI TAK SAMA

MAKANAN KHAS KORSEL VS JEPANG, SERUPA TAPI TAK SAMA

Setiap orang pasti tidak asing lagi dengan makanan khas dari dua Negara Asia Timur ini. Dibalik kesuksesan Jepang dan Korea Selatan memperkenalkan makanan khas mereka, tanpa di sadari terdapat beberapa kemiripan. Bahkan ada juga yang bingung membedakan asal masakan-masakan tersebut berasal, berikut beberapa makanan khas Korea Selatan dan Jepang yang serupa tapi tak sama:

1. Ramyeon VS Ramen

Mie sebagai makanan sejuta umat, tentu sangat digemari bahkan membuat ketagihan termasuk di Korea Selatan dan Jepang. Di Korea selatan mie disebut ramyeon, sedangkan di Jepang mie disebut ramen. Keudanya memiliki penampilan yang terlihat mirip, hanya saja cita rasa yang membedakan. Ramyeon kebanyakan menggunakan campuran kimchi sehingga cita rasanya agak pedas, manis, dan asam. Sementara ramen memiliki cita rasa yang sangat gurih dan cenderung pedas karena kuahnya berbahan dasar miso. Cara penyajiannya juga berbeda. Ramyeon lebih enak disantap langsung di panci tembaga khas Korea, tujuannya agar ramyeon tetep hangat. Sedangkan ramen disajikan dalam mangkuk besar berbahan keramik, yang biasanya diperkuat dari kaldu dan topingnya yang bermacam-macam.

2. Kimbap VS Sushi

Sushi jelas berasal dari Jepang, sementara Kimbap dari Korea. Bila dari penampilan, sushi sangat mirip dengan Kimbap karena sama-sama nasi yang dibungkus dengan rumput laut. Namun bila melihat isinya, keduanya akan sangat berbeda. Sushi biasanya diisi dengan ikan laut atau aneka seafood yang cenderung mahal seperti salmon yang disajikan dalam keadaan matang maupun mentah. Sementara Kimbap diisi dengan telur goreng, daging tumis, dan aneka sayuran seperti mentimun, wortel, bayam, acar lobak, dan kimchi. Dari segi rasa, kimbab terasa lebih ringan karena bumbu yang dipakai biasanya hanya garam dan merica, sedangkan sushi lebih asam karena terdapat campuran cuka.

3. Bungeoppang VS Taiyaki

Kedua camilan ini sama-sama merupakan kue yang dipanggang dalam cetakan berbentuk ikan. Bedanya, Bungeoppang lebih sederhana karena isinya hanya satu jenis, yaitu kacang merah. Sementara Taiyaki memiliki isian yang lebih beragam seperti kacang merah, krim, cokelat, sosis, bacon, dan banyak lagi. Selain itu, perbedaan terletak pada bentuknya jika diamati lebih detail. Bungeoppang berbentuk ikan dengan ekor lurus, karena bungeoppang hanya mengambil bentuk umum dari ikan yang biasanya terlihat di perairan. Sedangkan taiyaki berbentuk ikan dengan ekor yang lebih mencuat ke atas, mengikuti bentuk ikan Tai yang merupakan ikan termahal yang ada di Jepang.

4. Mandu VS Gyoza

Keduanya sebenarnya merupakan modifikasi dari Jiaozi, pangsit asal Cina. Di Jepang kemudian disebut Gyoza, sedangkan di Korea menjadi Mandu. Perbedaan Gyoza dan Mandu terletak pada isinya. Gyoza berisi bawang putih yang lebih banyak, lalu bumbu yang dipakai hanya garam dan saus kedelai. Sedangkan Mandu, memiliki isi yang lebih beragam. Tapi persamaannya, keduanya bisa digoreng maupun dijadikan isian sup.

Share This

Related Posts

5 Makanan Khas Korea Selatan Paling Populer

5 Makanan Khas Korea Selatan Paling Populer

April 03, 2017

Annyeong haseyo Sobat Buyonghwa, semakin maraknya drama Korea di tonton oleh masyarakat dunia, se...

Read More
5 Makanan Pinggir Jalan Paling Populer Korsel

5 Makanan Pinggir Jalan Paling Populer Korsel

March 27, 2017

Annyeong haseyo Sobat Buyonghwa, makanan pinggir jalan memang selalu menggugah selera. Sekalipun ...

Read More
7 Minuman Khas Korea Yang Rasanya Super Unik

7 Minuman Khas Korea Yang Rasanya Super Unik

June 01, 2017

7 Minuman Khas Korea yang Rasanya Super Unik - Kalau kamu ngaku sebagai pecinta K-Pop, kamu jug...

Read More

About the Author

SintyaGayatri

SintyaGayatri

Nothing about SintyaGayatri.

Add your comment

Partners