Mengenal Hanbok, Pakaian Tradisional Wanita Korea

Mengenal Hanbok, Pakaian Tradisional Wanita Korea

Hanbok merupakan pakaian tradisional yang berasal dari Korea selatan. Hanbok sendiri memiliki tampilan umum berupa warnanya yang cerah, dengan motif garis sederhana dan tidak bersaku. Awal mulanya, hanbok mulai berkembang pada Dinasti Joseon setelah sebelumnya Dinasti Silla masih menggunakan pakaian tradisional China. Dalam penggunaanya, hanbok merupakan pakaian keseharian yang digunakan oleh masyarakat Korea dalam beraktivitas. Dari mulai kalangan atas sampai kalangan bawah, semua wajib menggunakan hanbok.

Walaupun semua kalangan memakai hanbok, akan tetapi ada beberapa perbedaan antara golongan orang-orang bangsawan dengan golongan orang biasa. Pembedaan dalam penggunaan hanbok didasari pada pemakain bahan pembuatan hanbok serta warnanya. Jika seseorang berasal dari keturunan darah bangsawan atau memiliki ekonomi diatas rata-rata maka bahan untuk membuat hanbok bisa berasal dari sutra dan menggunakan warna-warna cerah. Namun, bila berasal dari ekonomi menengah kebawah atau miskin maka bahan untuk membuat hanbok pun hanya dari kain katun dan tentunya dengan warna putih atau warna-warna pucat.

Dan tak hanya itu, warna hanbok juga bisa menunjukkan status seorang wanita. Bila hanbok yang dipakai memadukan warna kuning dengan merah, maka pemakai hanbok tersebut masih gadis atau belum menikah. Sedangkan hanbok yang dipakai memadukan warna merah dan hijau, maka wanita pemakai hanbok itu berarti telah menikah

Jika kalian melihat secara seksama, bentuk hambok memang cukup sederhana. Hal itu sebenarnya bukan tanpa alasan. Bentuk bagian lengan hanbok yang terbuka memiliki arti sebuah kehangatan dari masyarakat Korea. Sedangkan bentuk rok nya yang mengembang dan cukup longgar mengartikan sebuah kebebasan serta kemerdekaan untuk Korea. Dan bentuk Hanbok sendiri terdiri dari beberapa bagian, diantaranya.

Jeogori

via leeslekr

Jeogori merupakan bagian atas dari hanbok, dengan bentuk seperti rombi dengan ukuran hanya sampai bawah ketiak. Jeogori terdiri atas lengan panjang, bahu serta dada, dan pada bagian depan atasan terdapat pita panjang (otggoreum) yang berguna untuk mengkancingkan belahan hanbok.

Chima

via emazecom

Chima merupakan rok pada hanbok. Chima biasanya berbentuk bulat dan mengembang dengan panjang mulai dari dada sampai mata kaki. Sebelum menggunakan chima biasanya para wanita menggunakan sokbaji, yaitu semacam dalaman yang bentuknya mirip dengan celana.  Penggunaan chima yang mengembang memang bertujuan agar bentuk tubuh dari si pemakai tidak terlihat. Hal tersebut memang disesuikan dengan ajaran konfusianisme yang dahulu sering digunakan. Selain itu, bentuknya yang mengembang juga diharapkan bisa lebih mempermudah wanita Korea untuk melakukan tugasnya sehari-hari, seperti memasak dan mengurus rumah.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai hanbok, pakaian tradisional wanita Korea. Meskipun tradisional, masyarakat Korea sampai saat ini masih setia untuk melestarikannya. Jadi, sepatutnya masyarakat Indonesia juga mencontoh perilaku masyarakat Korea yang begitu mencintai kebudayaannya.

 

Share This

Related Posts

5 Trend Fashion Wanita Korea Yang Sedang Trend Dan Wajib Ditiru

5 Trend Fashion Wanita Korea Yang Sedang Trend Dan Wajib Ditiru

October 28, 2017

Banyak sekali pilihan fashion untuk menunjang kegiatan keseharian. Dari fashion ala modern (Barat) s...

Read More
Inilah Deretan Artis Korea Dengan Gaya Fashion Paling Keren

Inilah Deretan Artis Korea Dengan Gaya Fashion Paling Keren

October 29, 2017

Fashion ala artis Korea memang sangat banyak variantnya. Dan tentunya sangat fashionable sekali untu...

Read More
Inilah Brand Baju Korea Wanita Paling Populer Saat Ini

Inilah Brand Baju Korea Wanita Paling Populer Saat Ini

October 30, 2017

Berbagai jenis fashion ala Korea belakangan ini memang menjadi incaran para fashionita. Gayanya yang...

Read More

About the Author

Hyung Ar

Hyung Ar

Kontributor & editor assigned seputar budaya korea selatan di buyonghwa.com. Hobi fotografi dan main game.

Add your comment

Partners