Uniknya Sauna Ala Korea Yang Pasti Selalu Muncul Di Drama

Uniknya Sauna Ala Korea Yang Pasti Selalu Muncul Di Drama

Kalau kamu pecinta drama Korea, pastinya kamu sudah gak asing lagi dengan rumah sauna di negeri ginseng ini kan? Hampir di semua drama Korea, mereka selalu menampilkan adegan salah satu pemain utama yang pergi ke pemandian umum. Tapi kok pemandian umumnya unik ya? Kalau kalian penasaran, ada baiknya kalian menyimak ulasan mengenai uniknya pemandian umum sauna di Korea Selatan berikut ini.

Pemandian Umum Jjimjilbang Ala Korea

Sumber gambar: Ezytor

Jika kita membayangkan tentang pemandian umum di negara kita, pastinya tidak jauh-jauh dari kesan kotor dan ramai. Pemandian umum di Indonesia biasanya juga berbentuk kolam di alam terbuka dimana semua orang baik laki-laki dan perempuan berendam dalam satu tempat.

Tapi kalau kamu ke Korea Selatan, kamu akan menemukan fakta pemandian umum yang jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia. Tempat pemandian umum di Korea lebih dikenal dengan nama Jjimjilbang atau Korean Bathhouse. “Jjimjil’ merupakan kata yang artinya adalah “heated house”, sedangkan “bang” artinya adalah ruangan, jadi Jjimjilbang ini bisa juga disebut dengan rumah sauna.

Biasanya Jjimjilbang di Korea Selatan terdiri dari 3 lantai. Pada bagian lantai dasar biasanya digunakan sebagai tempat pendaftaran dan juga tempat loker untuk menaruh bawang bawaan pengunjung. Di lantai 2, kamu akan menemukan tempat sauna, hot tubs, cold tubs, dan hot shower. Sedangkan di lantai 3 kamu akan menemukan ruang istirahat.

Jika kamu sedang berlibur ke Korea Selatan dan berminat untuk mengunjungi jjimjilbang, kamu hanya perlu membayar sebesar 5000 – 10.000 Won atau sekitaar 50.000 – 100.000 rupiah untuk menggunakan semua fasilitas yang tersedia. Jjimjilbang ini kini semakin populer di kalangan turis mancanegara karena seringnya muncul di drama Korea. Bahkan, sekarang banyak juga turis mancanegara yang memilih menginap di Jjijimbang ini karena harganya yang lebih murah daripada hotel.

Jjimjilbang Bagi Orang Korea Selatan

Jjijimbang ini memang menjadi tempat untuk merilekskan badan dan pikiran bagi orang-orang Korea. Kalau kamu melihat di dalam drama Korea, bahkan mereka bisa sampai menginap di Jjijimbang. Hal itu bukan hanya cerita di dalam drama, karena memang kenyataanya juga seperti itu di kehidupan nyata.

Jjimjilbang Korea memang buka 24 jam nonstop. Oleh karena itu, banyak pula pekerja yang pulang larut malam justru tidak pulang ke rumahnya, tapi singgah ke Jjimjilbang ini untuk merilekskan badannya dan kemudian esok paginya mereka kembali pergi ke kantor. Ada juga keluarga-keluarga yang menjadikan Jjimjilbang sebagai tempat berkumpul dan menghabiskan waktu bersama.

Kalau kamu pergi ke Jjimjilbang Korea ini, kamu tidka akan menemukan hal-hal aneh berbau mesum yang terjadi. Walaupun tempat ini adalah pemandian umum, tapi ada aturan ketat yang mengikat di tempat ini. kamu hanya akan menemukan suasana hangat kekeluargaan dan keakraban di Jjimjilbang.

Aturan yang Harus Dipenuhi di Jjimjilbang Korea

Jika ingin menikmati fasilitas yang diberikan di Jjimjilbang, kamu harus mau menjalani semua aturan yang ada. Saat memasuki Jjimjilbang, pengunjung wajib menyimpan barang bawaan mereka di loker lantai 1 yang telah disediakan. Mereka juga diwajibkan untuk mengenakan baju yang telah diberikan oleh pihak pengelola.

Pakaian ini biasanya berbentuk kaos dan celana. Biasanya wanita akan diberi baju berwarna pink dan laki-laki diberikan baju warna hitam. Tapi ada juga Jjimjilbang yang saat ini memberikan pakaian dengan warna yang sama kepada para pengunjungnya dan biasanya warnanya adalah perpaduan abu-abu orange.

Kalau kamu mau berendam di kolam, kamu harus melepaskan semua pakaian tersebut. Kenapa? Karena pihak pengelola ingin memastikan kamu tidak punya penyakit kulit apapun. Mereka juga beranggapan pakaian yang dikenakan ini bisa saja membawa banyak kuman. Tapi tak usah khawatir, karena bagian tempat berendam ini dipisah antara laki-laki dan perempuan.

Selain itu, kamu juga harus membungkus rambut dengan handuk yang telah disediakan. Lucunya, handuk ini dibentuk menyerupai topi yang ada gulungan di sebelah kanan dan kiri kepala.

Setelah puas berendam, kamu bisa pergi beristirahat di ruangan yang telah disediakan. Tapi ruangan ini menjadi satu antara laki-laki dan perempuan. Kamu juga bisa memesan makanan dan minuman jika lapar. Makanan yang paling umum dimakan setelah berendam biasanya adalah telur rebus. Uniknya lagi, orang Korea ini terbiasa memecahkan cangkang telur dengan menggunakan kepala mereka.

Bagaimana? Apa setelah ini kalian jadi ingin pergi ke Korea dan menginap di Jjimjilbang?

Share This

Related Posts

Deretan Lokasi Mempesona Untuk Syuting Film Di KorSel

Deretan Lokasi Mempesona Untuk Syuting Film Di KorSel

April 19, 2017

Tak dipungkiri lagi, pesona drama Korea Selatan memang selalu bisa membuat setiap orang jatuh hati. ...

Read More
8 Tempat Wisata Yang Jadi Terkenal Gara-Gara Drama Korea

8 Tempat Wisata Yang Jadi Terkenal Gara-Gara Drama Korea

May 30, 2017

8 Tempat Wisata yang Jadi Terkenal Gara-Gara Drama Korea - Drama Korea bukan hanya menjual jala...

Read More
Wisata Sungai Han Di Korea Selatan – Sejarah Dan Pesona  Keindahannya

Wisata Sungai Han Di Korea Selatan – Sejarah Dan Pesona Keindahannya

June 28, 2017

Wisata Sungai Han di Korea Selatan – Sejarah dan Pesona  Keindahannya - Siapa bilang...

Read More

About the Author

Asmara

Asmara

Nothing about Asmara.

Add your comment

Partners